Rabu, 11 November 2015

Laporan Table Manner Course



LAPORAN
TABLE MANNERS COURSE
INNA GARUDA HOTEL YOGYAKARTA


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipOu90dOvi-o0QHyTQRIdfoNKGYTi3O6xpTWkdB5Th5i0MFzKRUyGFZGu3h6nU3_r4WZC-h-QhfQbFU8-YFW3cS5rzE82y1Ym7tFaX141mVzPQjH9eIgIrh5Jis_pmmKRa7ca7On7T99Y/s1600/SMK+N+1+Klaten.jpg


ENGGAR RAHMAWATI
11/XII AP2












SMK NEGERI 1 KLATEN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015


KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis telah mampu menyelesaikan laporan “Table Manners“ yang diadakan di INNA GARUDA HOTEL

                Laporan ini tidak akan selesai dengan baik tanpa dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Budi Sasangka selaku kepala sekolah SMK N 1 Klaten.
2.      Ibu Tuti Turyani selaku guru pembimbing.     
3.     Semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian karya ilmiah ini.

Penulis menyadari jika dalam penulisan laporan ini terdapat hal – hal yang tidak sesuai dengan harapan pembaca, untuk itu penulis dengan senang hati menerima masukan berupa kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan bermanfaat bagi pembaca.


Klaten, 1 Oktober 2014


Penyusun
Enggar Rahmawati










LEMBAR PENGESAHAN

Laporan yang berjudul Table Manner Course“ di INNA GARUDA HOTEL  disusun untuk memenuhi tugas Program Kejuruan Administrasi Perkantoran.

Laporan ini telah disahkan oleh guru pembimbing Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran pada :

hari              :

tanggal        :






Klaten            Oktober 2014
Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                   Guru Pembimbing



Drs. Budi Sasongko                                                            Dra. Tuti Turyani














DAFTAR ISI

Kata Pengantar ........................................................................................
Lembar Pengesahan .................................................................................
Daftar Isi ..................................................................................................
Bab I ........................................................................................................
            Pendahuluan ..................................................................................
Bab II .......................................................................................................
            Inna Garuda Hotel ..........................................................................
Bab III ......................................................................................................
            Table Manners ................................................................................
Bab IV ......................................................................................................
             Penutup ........................................................................................
Lampiran .................................................................................................




















BAB I
PENDAHULUAN

1.1          Latar Belakang

SMK Negeri 1 Klaten mempunyai salah satu bidang keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris). Adapun bidang keahlian tersebut mempunyai salah satu kompetensi perjalanan bisnis dan etiket jamuan makan. Berdasarkan hal tersebut, sesuai dengan izin yang diberikan kepala sekolah, siswa-siswi bidang keahlian Administrasi Perkantoran mengadakan sebuah perjalan bisnis sekaligus mempelajari suatu jamuan bisnis atau yang sering disebut dengan Table Manners.
Table Manners pada dasarnya merupakan tata krama dan etiket perjamuan secara Internasional. Bagaimana dan apa yang harus dipersiapkan bila menerima undangan jamuan makan, merupakan tujuam Table Manners.Tata krama jamuan makan di setiap Negara, memiliki tata aturan yang berbeda. Aturan-aturan tersebut sangatlah terkait dengan kehidupan social masyarakat sebuah Negara.
Di era globalisasi ini, bagi setiap orang dianggap perlu mengenal tata aturan jamuan makan untuk menjadikannya suatu bagian dari kebutuhan atau bahkan gaya hidup. Dengan mengetahui bagaimana tata krama dan etiket makan minum yang benar, kita akan siap untuk menghadiri atau bahkan menyajikan sebuah perjamuan, yang akhirnya menjadikan kita lebih percaya diri.

Sebagai sebuah instusi yang bergerak dalam bidang perhotelan dan pariwisata, INNA GARUDA memiliki kepedulian untuk menjawab kebutuhan akan hak tersebut. Sebagai wujud nyata INNA GARUDA mengadakan TABLE MANNERS.

1.2  Manfaat Praktek Table Manner        
ü Melatih siswa untuk mengetahui atiket jamuan makan secara langsung dalam praktek.
ü Melakukan perjalan bisnis.
ü Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
ü Memenuhi tugas membuat laporan table manner.
ü Agar siswa siap untuk menerima undangan jamuan makan.
ü  Siswa percaya diri/terhindar dari rasa canggung atau malu

1.3  Pelaksanaan Table Manner
Hari/Tanggal            : Sabtu, 27 September 2014
  Jam                           : 09.30 WIB s.d. Selesai
Tempat                      : Inna Garuda Hotel (Sadewa Room)
Alamat                       : Jl. Maloboro No. 60











BAB II
INNA GARUDA HOTEL

Hotel Inna Garuda merupakan salah satu hotel legendaris berbintang 4 di Yogyakarta. Hotel ini terletak di Jalan Malioboro No. 60, Yogyakarta. Hotel ini dibangun pada tanggal 1908 dan memiliki 18 ruang pertemuan, sebuah area pameran yang luas untuk MICE events (meeting, incentive, conference, and exhibition, empat restoran dan sebuah bar yang menawarkan beragam gaya masakan, yaitu:
  • Kedai Kopi Enam Djam di Djogja
  • Mataram Bar
  • Kafe Garuda
  • Miyagawa Asahi
  • Djanur Kuning.


SEJARAH
Hotel Inna Garuda adalah hotel dengan sejarah panjang dan tidak dapat dipisahkan dari Yogyakarta. Sejauh ini, nama hotel telah diubah enam kali: Grand Hotel De Djokdja, Hotel Asahi, Hotel Merdeka, Hotel Garuda, Natour Garuda, dan sekarang Inna Garuda.
Berikut adalah sejarah singkat dari Inna Garuda sejak bernama "Grand Hotel De Djokdja" atau "Yogyakarta Hotel".

1908 - 1942: Grand Hotel De Djokdja atau "Hotel Yogyakarta"
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/2/26/Inna_1908_-_1042.jpg/300px-Inna_1908_-_1042.jpg
Dalam penyelesaian Belanda di Indonesia, pemerintah kolonial ingin membangun sebuah hotel di lokasi yang strategis di pusat Yogyakarta, di Jalan Malioboro. Hotel pondok yang dibangun pada tahun 1908 adalah hotel terbesar dan hotel paling mewah di Yogyakarta yang bernama Grand Hotel De Djokdja yang berarti "Hotel Yogyakarta".


1942 - 1945: Hotel Asahi
Pada 1942, Jepang datang dan menaklukkan Indonesia, termasuk Yogyakarta dan Grand Hotel De Djokdja. Jepang mengubah nama hotel menjadi Hotel Asahi.

1945 - 1950: Hotel Merdeka
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/c/c0/Inna_1945_-_1950.jpg/300px-Inna_1945_-_1950.jpg
Dengan pengorbanan besar pada tanggal 17 Agustus1945, Indonesia mendeklarasikan kebebasan mereka. Hotel ini diambil alih oleh Indonesia dan sejalan dengan semangat kebebasan pada waktu itu nama hotel diubah menjadi Hotel Merdeka.
1950 - 1982: Hotel Garuda
Pemerintah Indonesia mengganti nama Hotel Merdeka menjadi Hotel Garuda pada tahun 1950 dan pada tahun 1975 pemerintah memberikan kepercayaan kepada PT. Natour untuk menjalankan hotel.

1982 - 2001: Natour Garuda
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/2/2e/Inna_1982_-_2001.jpg/300px-Inna_1982_-_2001.jpg
Pada tahun 1982, PT. Natour dipercaya oleh pemerintah untuk merenovasi Hotel Garuda. Kelas hotel ditingkatkan dari satu bintang menjadi tiga bintang. Renovasi ini membutuhkan biaya sekitar sembilan miliar rupiah dan selesai pada akhir tahun 1984. Hotel Natour Garuda yang berstatus BUMN, melakukan upacara percobaan dengan upacara agung grand opening pada tanggal 29 Juni1985 hari Sabtu Legi (yang merupakan hari yang baik untuk Hamengku Buwono IX). Pada acara tersebut hotel secara resmi dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX-gubernur Yogyakarta. Pada tahun 1987, Hotel Natour Garuda secara resmi dinyatakan oleh pemerintah melalui DepartemenPariwisata, Pos dan Telekomunikasi sebagai hotel bintang tiga. Bersama dengan pengembangan pariwisata cepat di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, PT. Natour memperluas hotel dengan menambahkan 120 kamar sehingga secara keseluruhan terdapat 223 kamar. Sri Paduka Paku Alam VIII, gubernur Yogyakarta, secara resmi membuka perluasan Natour Garuda pada tanggal 29 Juni1991.

2001 - Sekarang: Inna Garuda
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/5/5c/Inna_2001_-_now.jpg/300px-Inna_2001_-_now.jpg
Pada bulan Maret 2001, PT. Natour bergabung dengan PT. Hotel Indonesia, nama hotel diubah menjadi Hotel Inna Garuda yang merupakan kependekan dari Hotel Indonesia Natour Garuda.

TIPE KAMAR
  • Sudirman Suite
  • Executive Suite
  • Junior Suite
  • Garuda Suite
  • Deluxe Suite
  • Superior


FASILITAS KAMAR
  • Pendingin Ruangan / AC
  • Telepon dengan Sambungan Langsung
  • Televisi Kabel
  • Kulkas mini
  • Bath Tub dengan Air Panas
  • Perlengkapan Mandi



FASILITAS HOTEL
  • Restoran dan Lounge
  • Inna Garuda memiliki 3 restoran dan sebuah lounge
  • Ruang Pertemuan
  • Inna Garuda memiliki 17 ruang pertemuan dan sebuah area pameran yang luas
  • Mocopatan, Musik Tradisional Jawa
  • Mocopatan diselenggarakan setiap rabu keempat setiap bulannya di Inna Garuda
  • Pagelaran Gamelan Setiap Hari
  • Kolam Renang
  • Lapangan Parkir yang Luas
  • Laundry & Dry Cleaning
  • Spa dan Aromatherapy

























BAB III
TABLE MANNERS

1.     PEMBUKAAN
Acara dibuka dengan do’a bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing.

2.     SAMBUTAN
Ø Sambutan dari Bp. Agung Susanto, perwakilan Inna Garuda Hotel.
Ø Sambutan dari Bp. Haryanta, perwakilan dari SMK N 1 Klaten.

3.     PEMBERIAN CINDERAMATA
Pihak Inna Garuda Hotel yang diwakilli oleh Bp. Agung Susanto memberikan cinderamata kepada SMK N 1 Klaten yang diwakili oleh
Bp. Haryanta.

4.     TEORI dan DEMO MAKING BED
5.     DEMO COOKING
Chef Irawan memperlihatkan cara memasak main course yaitu Beef Medalion Bordelaise Sauce, Jacket Potatoes, Creamy Broccoli.

6.     ACARA INTI (TABLE MANNERS)
Teori Table Manners Course disampaikan oleh Bp. Dede Tainal.
Ø Sikap pada Jamuan Makan
                         I.            Cara Duduk
·        Posisi kursi tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan sisi meja.
·        Posisi tubuh tegak dan menghadap kedepan, tidak terlalu membungkuk pada waktu makan.
·        Posisi kaki normal, tidak dilipat, tidak pula menumpang satu diatas lainnya.
                       II.            Cara Menggunakan Serbet Makan
·        Serbet yang ada di meja dibuka, diletakkan diatas pangkuan untuk menghindari agar pakaian tidak kotor.
·        Serbet makan tidak boleh untuk menyeka keringat dan membersihkan peralatan yang kotor.
·        Saat jamuan makan selesai, serbet cukup dilipat biasa dan rapi lalu diletakkan kembali di tempat semula.
                    III.            Cara Menggunakan Alat Makan
·        Apabila mulai makan, gunakanlah alat makan yang terletak paling luar, baik itu yang ada disebelah kanan maupun di sebelah kiri.
·        Tidak merubah letak dari peralatan yang sudah diatur di atas meja.
·        Apabila ada alat makan yang jatuh, mintalah dengan yang baru/bersih.
                    IV.            Cara Menggunakan Pisau
·        Pisau digunakan untuk memotong makanan (daging, ikan, dll).
·        Pisau dipegang dengan tangan kanan, sisinya yang tajam mengarah ke piring dan telunjuk diletakkan dekat dengan “joint” atau bagian belakang, “handle” berada didalam genggaman.
                      V.            Cara Menggunkan Garpu
·        Garpu digunakan untuk menusuk dan membantu memasukkan makanan ke mulut sesudah dipotong.
·        Garpu dipegang dengan tangan kiri dan tusukkan bagian yang tajam ke arah daging, dan “handle” berada di genggaman tangan kiri, sedangkan telunjuk di letakkan di bagian “joint”.
                    VI.            Cara Menggunakan Gelas
Gelas yang bertangkai “stem glass” dipegang pada atas tangkainya, ujung dari jari telunjuk diletakkan di bagian bawah “container”. Gelas yang tidak bertangkai “tumbler’s family” dipegang pada bagian bawahnya atau “base”.

Ø Tata Cara Makan
I.                   Cara Minum
·        Minum setelah mulut bebas dari makanan.
·        Hindarkan bunyi pada waktu meneguk minuman.
·        Jangan sekali-kali berkumur sebelum meneguk minuman.
·        Sebelum minum, bibir dibersihkan dahulu sehingga tidak terdapat bekas pada bibir gelas.
·        Bibir gelas jangan sampai terkena gigi.
II.                 Cara Makan Roti
·        Ambil roti dari piring dengan tangan kiri.
·        Tangan kanan memotong roti secukupnya.
·        Sisi potongan roti dikembalikan ke piring semula.
·        Ambil mentega yang tersedia di piring, kemudian oleskan mentega dengan “butter spreader” yang dipegang dengan tangan kanan.
·        Pindahkan roti yang sudah diolesi mentega ke tangan kanan dan langsung bias dimakan.
III.              Cara Makan Sup
·        Jangan mendinginkan sup dengan ditiup, tetapi diaduk-aduk secara perlahan dengan sendok yang telah disediakan.
·        Jangan terlalu banyak menyendok sup nya.
·        Menyendok sup ke arah depan, dan bagian bawah sendok ditepiskan ke bibir mangkok sup.

Menu saat Table Manners Course

STARTER
Chicken & Pineapple Course
*
SOUP
Clear Vegetables Soup
*
MAIN COURSE
Beef Medalion Bordelaise Sauce
Jacket Potatoes
Creamy Brocolli
*
DESSERT
Cream Caramel Pudding & Ice Cream
*
Coffe or Tea














7.     HOTEL TOUR
Check-in 13:00 - 24:00 - Check-out 12:00
Tipe Kamar Kamar Superior Twin - Twin
Kapasitas Ruangan 1 - 2 Orang
Menginap minimal 1 Malam
Dengan sarapan 


  • Tariff Rp. 750.000,-
  • Fasilitas Spesial : Bath Toilet Internet Access 

Kamar Superior memiliki perpaduan harmonis antara arsitektur klasik dan modern yang menciptakan keanggunan dan kenyamanan. Semua fasilitas yang diharapkan pada sebuah hotel bertaraf internasional berada di ujung jari Anda. Kamar yang luas ini menghadap jalan Malioboro (Pusat Kota Jogja), dan tersedia dengan harga yang terjangkau.

Fitur kamar:

- AC
-2 bed/tempat tidur
- Telepon panggilan langsung
- Televisi kabel
- Kulkas
- Bak mandi dengan air panas
- Perlengkapan mandi










BAB IV
PENUTUP

Kesan: Menyenangkan. Karena saya dapat berkunjung ke hotel bintang 4 dan dapat memasuki salah satu ruangan yang sangat mewah. Saya dapat mengetahui tata krama dan etiket dalam perjamuan makan dan tentunya saya dapat mencoba berbagai makanan, dari appetizer hingga dessert. Meskipun beberapa makanan tidak cocok di lidah saya, dan rasanya lumayan aneh, tetapi saya cukup menikmatinya. Saat hotel tour saya sangat takjub dengan beberapa fasilitas yang diberika oleh Inna Garuda Hotel. Setelah Table Manners selesai, saya dapat jalan-jalan ke Malioboro bersama dengan teman-teman. Rasanya sangat seru bisa menghabiskan waktu sore hari bersama teman-teman dengan berjalan-jalan disekitar jalanan yang sangat ramai dan melihat berbagai pawai di sepanjang jalan, apalagi pas hari sabtu. Ramai-ramainya Jogja dan waktu itu tepat disepanjang jalan Malioboro ada kirab budaya. Pertunjukkan yang dipertontonkan sangat indah dan ramai penonton yang ingin menyaksikan karnaval tersebut. Bagi saya banyak momen-momen indah yang saya dapat selama mengikuti Table Manners ini.

Pesan: Menurut saya table manners tahun besuk menu makanannya berbeda dengan tahun ini. Karena banyak mendengar cerita dari teman-taman kalau makanan yang disajikan disana kurang memenuhi selera, atau bisa dikatakan rasanya sedikit aneh.  Lalu acara inti harusnya di mulai lebih awal, karena bagi saya kemarin itu terlalu lama sehingga saat teori Table Manners saya sudah tidak berkonsentrasi lagi karena saya merasa lapar. Terus yang membina tata cara makan dan minum itu sebaiknya setelah makanan disajikan.

Demikianlah laporan ini penulis buat. Dalam pembuatan laporan ini banyak sekali kekurangan-kekurangan, untuk itu  penulis sebagai manusia biasa mohon maaf atas segala keurangan dan kekhilafan. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

LAMPIRAN

Description: http://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/01/1f/7c/02/hotel-exterior.jpg







Inna Garuda Hotel
Description: P1010216Description: P1010217

Description: P1010247
Sambutan dari Pihak Inna Garuda Hotel( Bp.Agung Susanto)  dan Pihak Smk Negeri 1 Klaten (Bp. Haryanta)


Description: P1010250Pemberian Cinderamata
Description: IMG_20140927_103105Description: P1010252

Description: IMG_20140927_103020Demo Making Bed





Description: IMG_20140927_103223


Description: IMG_20140927_103141

Description: IMG_20140927_105930Description: C360_2014-09-27-10-53-41-795Cooking Demo
Description: C360_2014-09-27-10-54-07-002Description: IMG_20140927_105621

Menu Table Manners Course
Description: IMG_20140927_120838Description: IMG_20140927_120720


Description: IMG_20140927_123613Description: F:\Table Manner\IMG_20140927_121431.jpg
Chicken & Pineapple Course                   Clear Vegetables Soup

Description: IMG_20140927_125838Description: IMG_20140927_130149





                           
Beef Medalion Bordelaise Sauce                                                Creamy Brocolli

Jacket Potatoes







Description: IMG_20140927_134141
Cream Caramel Pudding & Ice Cream




Description: 2014-09-27 14Description: 2014-09-27 14


                                                           

Coffe                                                                                      Tea

Description: E:\Table Manner\2014-09-27 14.43.17.jpgHotel Tour                                                                Swimming Pool
Description: zSwi

Lampiran Foto Kenang-Kenangan Bersama Teman Seperjuangan.

Description: H:\eka photos\C360_2014-09-27-17-03-20-161.jpg
Description: H:\eka photos\C360_2014-09-27-16-56-12-443.jpgDescription: H:\TABLE_MENNER_2014\P1010228.JPGDescription: H:\eka photos\C360_2014-09-27-16-52-08-490.jpgDescription: H:\eka photos\C360_2014-09-27-14-49-38-748.jpgDescription: H:\eka photos\C360_2014-09-27-16-48-11-648.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar